beberapa hari yang lalu, seperti biasa saya membuka twitter, dan saat itu saya membaca tweet salah satu teman saya, dia menulis “fu*k indonesia” dan saat itu entah kenapa ada rasa pahit yang terbersit di hati saya.

19 tahun hidup saya dihabiskan disini,  Indonesia. Saya hidup di lingkungan keluarga yang gemar membaca dan juga menonton berita, dan semenjak saya mengerti apa yang saya baca di surat kabar ataupun juga yang saya lihat di televisi, saya sadar bahwa banyak hal yang tidak mengenakkan mengenai Indonesia atau hal-hal yang terjadi di dalam Indonesia. Intensitas berita-berita tidak mengenakkan itu mengalahkan berita baik, entah karena memang tidak ada atau hanya tidak terliput saja.

Saya tidak munafik, saya pun tidak jarang merasa lelah dengan keadaan negeri ini. Perkembangan kota yang tidak beraturan dan sistem pembelajaran yang lebih mengedepankan hasil daripada proses itu beberapa hal yang membuat saya berpikir untuk (suatu saat) meninggalkan Indonesia.  Rasanya saya ingin segera mengumpulkan uang, lalu membawa keluarga saya pindah ke negara yang (mungkin) lebih baik dari Indonesia.

Tapi lalu saya berpikir, rasanya terlalu picik jika saya meninggalkan Indonesia begitu saja, terlalu tega jika saya mengeluhkan keadaan Indonesia yang sudah saya pijak selama ini. Selama 19 tahun saya menghirup udara Indonesia, hidup di tanah Indonesia dan makan dari apa yang ada di Indonesia. Terlalu jahat jika saya selalu marah akan keadaan Indonesia, ingin meninggalkan Indonesia, padahal di sisi lain, saya belum berbuat apa-apa untuk Indonesia.

Saat menulis ini, diam-diam hati saya berjanji, bahwa suatu saat, dengan ilmu dan kemampuan saya, saya akan berbuat sesuatu untuk Indonesia, untuk membantu Indonesia ke arah yang lebih baik. Membalas budi kepada Indonesia, yang telah menerima dan memberikan banyak hal kepada saya selama ini.

Leave a Reply

